hani_va's Journal, 09 June 2018

Sebenarnya tidak ada yang membedakan kok entah kamu punya gen kurus/gemuk, yang membedakan adalah seberapa lama tubuh kamu akan berubah, karna tubuh kita unik dan berbeda satu dengan yang lainnya. Ada yang 4 bulan baru terlihat, atau bahkan ada yang 2 bulan sudah terlihat. But in the end, basic fatloss itu sama: kamu harus ada di kalori defisit, artinya, kamu harus pastikan untuk konsumsi kalori lebih sedikit daripada yang tubuh kamu gunakan setiap harinya. Nah, karna aku pribadi tidak pernah hitung2an kalori, maka dari itu yang aku lakukan pada saat sedang cutting adalah:

1. Prioritize high volume food rather than high calories food. Karna pada saat tubuh kita dalam kalori defisit, tubuh kita membutuhkan nutrisi, bukan makanan yang berkalori tinggi/tidak mengenyangkan tapi zero nutrisi. Inilah yang suka membuat cepet lapar dan lema dan malah makannya tambah banyak karna makanan sedikit nutrisi bikin cepat lapar
2. Makanlah 12-14 jam setelah makan malam, misal aku makan terakhir jam 8 malam, nah besok paginya aku baru mulai makan jam 10 pagi. Tapi tenang, kamu boleh tetap minum minuman yg zero kalori kok kayak air putih atau kopi hitam.. Kenapa aku lakukan ini? Cara ini sangat efektif untuk menghindari Over-eating atau makan terlalu banyak. Karena kebiasaan kita adalah selalu makan dari pagi sampai malam yang ga ketentuan.
3. Eat your protein in most of your meal, dan jangan pernah makan karbo sendirian (tanpa good amount of protein. Usahakan selalu ada asupan lean protein sepertiikan, daging, ayam pada setiap makananmu). Karna protein dpt membantu menstabilkan gula darah yang biasanya naik apabila kamu mengonsumsi sesuatu yg tinggi karbohidratnya. Kalau kamu membiarkan gula darahmu naik terus menerus, inilah yang membuat seseorang obesitas. Setiap orang itu membutuhkan setidaknya 0.75-1 gram protein per pound bodyweight kita, jadi misal berat badanku adalah 52kg atau sekitar 115 pounds, nah artinya dalam sehari tubuh aku membutuhkan 115gr protein, dan ini bisa lebih tergantung kamu mau building bigger muscle juga atau hanya ingin lean.

Lalu, kamu mungkin harus mengurangi karbohidrat kamu, tapi untuk cut Carbs sama sekali? noooo way! Kamu harus mengurangi carbs kamu hanya karna kamu harus dalam kalori defisit, thats all. Apalagi aku lihat disini kamu olahraga nya rutin seperti renang, sepeda dan lari dimana itu semua termasuk olahraga utk melatih kardiovaskular (which is good, especially kalo memang goal kamu adalah utk melatih kardiovaskular kamu). Nah, eating carbs itu adalah sumber energi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dan FYI ya sayuran itu termasuk dalam kategori carbs. Kalau kamu bingung membedakan carbs itu apa aja, nah, carbs itu ada dua macam yaitu karbohidrat sederhana (simple carbs) dan karbohidrat kompleks, bedanya hanya kandungan molekul gulanya saja sehingga proses untuk dicernanya berbeda. Simple carbs lebih sedikit kandungan molekul gula nya sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh, kebalikkannya, kalau karbohidrat kompleks lebih banyak kandungan gulanya namun lebih kaya akan serat, vitamin dan mineral (mikronutrients). Simple carbs terdiri dari buah2an, permen, cake, semuanya yg memberi rasa manis langsung, krn lbh mudah dicerna, jadi bagus dikonsumsi setelah melakukan latihan yang intens. Nah, untuk kompleks carbs itu terdiri dari nasi, kentang, umbi2an, roti, pasta, dan sayur-sayuran, agak memakan waktu untuk dicerna sehingga bagus dikonsumsi kurang lebih 1-2 jam sebelum melakukan olahraga intens sbg sumber energi yang akan meningkatkan performa kamu.

Anyway, untuk exercise, aku sangat rekomen utk latihan strength training, dan kalau kamu mau menghilangkan fat dibagian tertemntu, aku rekomen utk sering2 melatih bagian tubuh tsb. Dan kalau kamu memang gasuka weight lifting, kamu bisa kok doing bodyweight exercises atau Calisthenics. It’s still going to challenge your body to be stronger, better, and leaner :)


source : https://womantalk.com/health-fitness/lounges/petitedivaa-berbicara-terbuka-8dYbM

Diet Calendar Entry for 09 June 2018:
1858 kcal Fat: 64.25g | Prot: 63.55g | Carb: 248.58g.   Breakfast: Siantar Top French Fries 2000, Rempeyek, Kerupuk Makanan Ringan, Nasi Putih (Butir-Sedang, Dimasak). Lunch: Anlene Actifit Vanila, You C1000 Vitamin Orange, Wortel Dimasak, Telur Dadar, Nasi Merah (Butir-Sedang, Dimasak). Dinner: Kue yang Dibuat dengan Beras Ketan dan Kacang Kering, Iga Sapi (Potongan Kecil, Diiris Hingga 0.3 cm Lemak), Nasi Merah (Butir-Sedang, Dimasak). Snacks/Other: Kue Nastar, Soyjoy Crispy Vanilla. more...

5 Supporters    Support   


     
 

Submit a Comment


You must  sign in to submit a comment
 

Other Related Links

Members



hani_va's weight history


Get the app
    
© 2024 FatSecret. All rights reserved.